Januari 19, 2016

Kedatangan Syaikh Ahli Qiraat dari Yaman Syaikh Muhammad Yahya Jum'an

Hari ini Ma’had ‘Aly El-Suchary merasa begitu berbahagia, bagaimana tidak.. pada hari yang cerah ini ma’had kedatangan tamu istimewa. Beliau adalah Asy-Syaikh Muhammad Yahya Jum’an seorang ulama ahli qiraat dari Yaman, direktur Markaz At-Tibyan lembaga pengembangan dan pembelajaran Al-Qur`an  di Shan’a Yaman dan juga juri lomba tahfizh internasional.
Syaikh Muhammad Yahya Jum’an datang ke ma’had setelah beliau mengisi acara daurah Al-Qur`an di beberapa daerah di Indonesia. Setelah beliau mendengar tentang ma’had El-Suchary dari Syaikh Muhammad Jaber yang telah terlebih dahulu mengunjungi ma’had tercinta ini, Syaikh merasa ingin mengunjungi ma’had ini untuk mentransfer ilmunya kepada para mahasantri di ma’had yang terletak di pinggir kota Purbalingga ini.
Gayungpun bersambut, pihak ma’had dan mahasantri El-Suchary tentunya sangat gembira dengan kedatangan ulama ahli qiraat ini. Apalagi beliau berada di ma’had selama kurang lebih tiga hari. Di dampingi Syaikh Muhammad Jaber  dan Ust. Ahmad Basyir beliau Syaikh memulai daurah ilmiyah pada hari selasa 24 Dzul Qo’dah 1436 H atau bertepatan dengan 8 September 2015 beliau mengisi daurah Matn Tuhfathul Athfal kitab matan ilmu tajwid yang sudah cukup ternama bagi mereka yang mempelajari hukum-hukum tajwid.
Syaikh membacakan isi matn bait demi bait kemudian menyampaikan penjelasan matn tuhfathul athfal  dengan menggunakan bahasa arab, hal ini tentunya menjadi wadah tersendiri bagi para mahasantri untuk mengasah kemampuan bahasa arab yang selama ini mereka pelajari di ma’had. Para asatidz, santri dan mahasantri mengikuti daurah dengan antusias.

Tepatnya pada hari Jumat 26 Dzul Qo’dah 1436 H/11 September 2015 daurah berakhir dengan ujian tertulis dari materi daurah yang disampaikan oleh syaikh dan langsung dikoreksi oleh syaikh. Pada hari itu juga, setelah ujian syaikh membuka kesempatan bagi para mereka yang sudah hafal matn tuhfathul athfal untuk mengujikan hafalannya di depan syaikh dan mendapatkan sanad matn tuhfatul athfal.
Serangkaian acara daurah ditutup pada hari Jumat sore itu juga di kediaman ketua yayasan istiqomah sambas Bp H. Eling Purwoko. Acara penutupan dihadiri para mahasantri, asatidz ma’had El-Suchari juga warga sekitar, dimulai dengan tausiyah dari Syaikh Muhammad Jum’an tentang keutamaan belajar Al-Qur`an, kemudian acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi tiga peserta daurah berprestasi dan terakhir penyerahan ijazah sanad matan tuhfatul athfal bagi sembilan santri yang berhasil menghafal matn.
Jazakumullah Syaikh.. yang telah menyampaikan ilmu yang sangat berharga bagi kami. Semoga Allah menjagamu dan keluargamu wahai syaikh dan menjadikan amal ini sebagai pemberat timbangan kebaikan di akhirat kelak.. kami nantikan kunjungan syaikh pada kesempatan berikutnya..

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Copyright © Ma'had 'Aly Tahfizhul Qur'an El-Suchary